Jika Aku Menjadi...

Posted by Frans Enriko Siregar On 0 komentar
Begitu banyak tontonan televisi yang ditayangkan di siaran-siaran televisi Indonesia. Mulai dari tontonan anak-anak seperti kartun (saya masih suka nonton kartun nih), sampai tontonan dewasa. Menonton televisi bisa mengurangi tingkat kestressan kita yang setelah seharian berpikir keras. Namun, tidak semua tontonan itu baik. Banyak juga acara yang menurut saya hanya rekayasa, tapi saya bingung mengapa masih banyak juga orang yang mau menonton acara seperti itu.

Saya di sini mau mengulas satu acara yang benar-benar saya suka. Jika Aku Menjadi dari Trans TV. Acara ini benar-benar menyentuh hati dan setidaknya setiap saya menonton acara ini, saya rasanya mau menangis saja. Acara ini jadi membuat kita sadar bahwa masih banyak orang yang hidupnya lebih sulit dari kita. Kita sepatutnya bersyukur dengan kehidupan kita yang sekarang ini.

Jika saya menonton acara ini, saya selalu teringat saat saya meminta dibelikan sesuatu oleh Papa Mama saya namun tidak dikasih, saya merasa kecewa. Tetapi melihat acara ini, saya jadi sedih karena "mereka" untuk makan sehari-hari saja sudah susah payah, tapi saya tidak dibelikan barang yang bisa dibilang harganya mahal langsung kecewa. Seharusnya saya bisa bersyukur dengan apa yang TUHAN sudah berikan buat saya. Pastinya bukan hanya saya yang mengalami seperti itu, pasti banyak dari kita yang seperti itu.

Dan saat menonton acara ini saya selalu memikirkan apakah tidak ada satu pun pemerintah yang menonton acara ini dan iba kepada kaum miskin di Indonesia ini. Seharusnya taraf hidup masyarakat Indonesia menjadi prioritas buat pemerintah. Agar hidup masyarakatnya sejahtera.
READ MORE

PTC yang 1 Hari Langsung PayOut

Posted by Frans Enriko Siregar On 0 komentar
Namanya Clixteria. Mungkin ini merupakan PTC baru, dan membernya juga masih baru daftar semua. Saya kemarin browsing-browsing dan menemukan PTC ini. Saya iseng-iseng saja mencobanya. Mungkin karena masih PTC baru sehingga bayarannya cukup kecil, per iklan hanya sampai Rp 10,- tetapi iklan yang ditawarkan lebih dari 25 iklan setiap harinya.

Lalu saya mengecek soal PO (PayOut) nya, eh ternyata cuma Rp 100,-. Saya pertama tidak percaya ada PO yang begini rendahnya. Saya langsung klik iklan hingga dapat batas PO tersebut dan coba untuk withdraw, ternyata benar (pembayaran via PayPal). Hehee, seumur-umur baru ini saya PO dari PTC walaupun cuma Rp 100,- sih. Bukti PO-nya ada di bawah ini:



Bagi teman-teman yang mau ikutan bisa daftar sekarang juga.
READ MORE

Mengapa Harus Begitu?

Posted by Frans Enriko Siregar On 2 komentar
Kali ini saya cuma mau sharing sedikit mengenai pencarian informasi melalui penggunaan kata kunci di "paman" Google. Kita sudah tahu kehebatannya Google, dan semua yang main internet pasti 100% kenal sama Google. Dari situ kita bisa memperoleh informasi yang kita inginkan dengan mengetik kata kuncinya saja dan Google akan mencarikan semuanya buat kita yang berhubungan dengan kata kunci kita tadi.

Saya posting ini karena kemarin saya sedang mengerjakan tugas kuliah dan memerlukan bahan tugas dari internet sehingga otomatis mencarinya lewat bantuan Google. Pastinya saya pakai bahasa Indonesia mencarinya. Namun setelah saya cari-cari, kebanyakan alamat yang diberikan Google itu tidak memberikan isi apa-apa. Saya sudah capek-capek buka-buka di tab-tab yang baru, semuanya "hampir" sama. Tak ada isinya! Jadi cuma judul postingan saja yang sesuai dengan kata kunci yang saya ketikkan tetapi isi postingannya tidak ada.

Saya kecewa sekali sebenarnya. Masalahnya, bukan hanya satu situs yang saya buka dan hasilnya seperti itu, puluhan!!! Dan semuanya hanya tipuan belaka. Mungkin si pemilik situs membuat cara seperti itu agar pengunjung di situsnya banyak. Tetapi mengapa harus sampai begitu? Itu kan sama saja dengan menipu pengguna internet.

Sangat berbeda jika kita menggunakan kata kunci dalam bahasa Inggris. Saya kemarin menggunakan bahasa Inggris untuk mencari bahan tugas kuliah saya. Dan isinya itu benar-benar sesuai dengan apa yang kita cari. Coba saja situs-situs Indonesia seperti itu, pasti banyak pengunjungnya, tetapi bukan dengar cara menipu seperti tadi.

Jadi mulai sekarang saya sarankan kalau mencari bahan tugas kuliah, lebih baik menggunakan kata kunci dalam bahasa Inggris, agar Anda semua tidak tertipu lagi dengan situs-situs palsu milik "Indonesia" ini.
READ MORE

Tips Mengatur Keuangan

Posted by Frans Enriko Siregar On 4 komentar
Sebenarnya postingan saya kali ini dikhususkan buat mahasiswa yang jauh dari orang tua sehingga mau tidak mau dia harus mengelola keuangannya sendiri dengan bijaksana. Sering kita mendengar para mahasiswa kehabisan uang di tanggal-tanggal terakhir setiap bulannya. Mungkin itu karena mereka tidak mengelolanya dengan baik sehingga bulan belum habis tetapi keuangan sudah kandas.

Sebenarnya cara mengelola keuangan kita itu gampang saja. Yang terpenting itu adalah kita dapat menahan keinginan kita untuk segera menghabiskan seluruh uang kita seperti berbelanja (khususnya wanita), membeli barang-barang yang tidak terlalu penting, dll. Yang pada akhirnya keuangan kita tidak akan terkontrol lagi dan terjadilah seperti kejadian di atas tadi. Tips yang bisa kita jalankan untuk mengelola keuangan kita itu adalah:

1. Mencatat
Pertama-tama mungkin kita bisa membuat pencatatan keuangan kita, terserah mau dibuat di kertas atau pun di komputer. Catat semua apa pun yang kita keluarkan, catat barangnya dan harganya. Walau pun harganya hanya seribu, catat saja biar seluruh pengeluaran kita jelas ke mana saja.
2. Membatasi
Batasilah penggunaan uang kita setiap bulannya. Istilahnya kita membuat anggaran, berapa yang harus kita habiskan selama satu bulan dan usahakan untuk tidak melewati batas yang telah kita tentukan sehingga kita tidak akan mengalami kesulitan keuangan.

3. Kumpulkan
Kumpulkanlah seluruh struk perbelanjaan kita. Simpan seluruh struk dan bedakan struk-struk tersebut menurut bulannya.

4. Rekapitulasi
Jumlahkanlah semua konsumsi kita selama sebulan dan lihat apakah kita melebihi batas itu atau tidak. Jika ya, lihatlah di bagian manakah kita harus mengurangi budget agar kita tidak melewati batas itu.

5. Perbaikan
Jika kita sudah mengetahui dimana kesalahan kita sehingga menyebabkan kita melewati batas anggaran yang sudah kita buat, perbaiki cara belanja kita di bulan yang selanjutnya. Usahakanlah selalu memperbaikinya hingga kita bisa berbelanja sesuai dengan anggaran yang kita tentukan.

Mudah-mudahan tips ini berguna dan dapat dijalankan dengan semaksimal mungkin. Dan jangan lupa untuk "menabung".
READ MORE

Doraemon Sudah Berubah

Posted by Frans Enriko Siregar On 0 komentar
Siapa yang tidak tahu dengan tokoh yang satu ini, Doraemon. Kartun yang sangat terkenal sejak saya kecil dulu, yang ternyata juga Doraemon diciptakan di tahun 1974. Wahh... lama juga ya baru masuk ke Indonesia. Robot kucing yang datang dari abad ke-22 menemui Nobita. Sejak SD saya sudah membaca serial-serialnya Doraemon.

Dan saat ini saya ingin mengoleksinya sehingga saya membeli paket Doraemon yang satu paketnya terdiri dari 10 komik. Ternyata pas saya baca, isi komik Doraemon itu tidak asli dengan komik Doraemon dulu yang saya sudah pernah baca. Gambarnya asli sama, tapi tulisannya diedit lagi oleh orang Indonesia dengan kata-kata yang menurut saya kurang lucu jadinya. Dan kadang juga perkataannya tidak nyambung, sehingga kurang membuat saya ketawa (kadang-kadang). Dan lebih parahnya lagi, serial 2 ditulis dengan tangan, bukan dengan komputer. Jadi saya serasa membaca corat-coretnya seseorang.

Pihak penerbit PT. Elex Media Komputindo seharusnya tidak membuat hal yang seperti ini. Saya sebagai penggemar komik, khususnya Doraemon kecewa dengan adanya hal seperti ini. Padahal banyak sekali penggemar-penggemar Doraemon, tetapi kalau melihat hasil yang diberikan seperti itu mungkin banyak juga yang kecewa. Semoga tidak semakin banyak serial Doraemon yang seperti itu.
READ MORE

"Penyakit" Manusia yang Paling Sulit Disembuhkan

Posted by Frans Enriko Siregar On 1 komentar
Mungkin banyak mengira bahwa penyakit yang dimaksudkan di sini adalah penyakit yang menggerogoti tubuh manusia. Penyakit yang saya maksudkan di sini bukanlah penyakit secara biologis, namun kebiasaan buruk (mungkin sangat buruk) yang dimiliki oleh manusia khususnya masyarakat Indonesia. Apakah itu? Malas! Namun, bukan berarti saya juga orang yang benar-benar rajin. Semua orang mempunyai sifat malas, porsinya saja yang berbeda-beda.

Saya memposting masalah ini karena saya sering melihatnya sendiri saat saya beraktivitas. Seperti di dalam bus, hampir tidak pernah (mungkin memang tidak pernah) bus angkutan umum itu didatangi oleh para pengamen jalanan. Jika dilihat, umur para pengamen itu adalah umur orang-orang yang seharusnya sangat produktif dalam bekerja. Tetapi mengapa sampai begitu? Banyak alasan, ada yang mengatakan tidak diterima kerja di mana pun, atau tidak mempunyai modal untuk berjualan, dan masih banyak lagi. Benarkah sudah semua perusahaan dijalaninya dan tidak ada lowongan satu pun? Pekerjaan serendah apa pun? tentunya tidak mungkin. Dan itu semua hanya karena satu kata; MALAS!

Dan juga ada yang lebih ekstrem lagi tingkat kemalasan yang berakibat bagi penduduk Indonesia. Jika kita lihat di terminal-terminal atau pun di tempat para sopir angkot "ngetem", kerap kita menjumpai adanya satu atau dua orang yang kerjanya teriak-teriak mencari penumpang dan setelahh angkot itu penuh dia diberi upah seribu dua ribu rupiah. Separah itukah malasnya masyarakat Indonesia sehingga tidak rela untuk bersusah payah bekerja untuk mencari nafkah?

Oh Tuhan, bagaimana bangsa ini bisa maju kalau penduduknya saja seperti itu? Kalau memang tidak bisa berkompetisi di ibukota kenapa harus dipaksakan? Gengsi? Malu untuk pulang kampung? Ntahlah, kita lihat saja lama-lama bagaimana akhir bangsa ini, bangsa yang selalu bercita-cita menjadi bangsa yang makmur tapi tanpa adanya kenyataan.
READ MORE

Mobil-mobilan Anak Bertenaga "Renewable"

Posted by Frans Enriko Siregar On 0 komentar
Mainan mobil-mobilan anak-anak yang saya posting kali ini adalah mainan yang dapat bekerja dengan tenaga yang cukup baik, mengingat keadaan sumber tenaga di bumi ini yang semakin menipis dan terus menipis. Mainan ini cukup baik untuk anak-anak. Ya setidaknya kita bisa menerapkan kepada anak-anak kalau kendaraan itu dapat bergerak dengan tenaga non gas, tenaga yang dapat diperbaharui seperti ini.

Tiga jenis mobil-mobilan ini dapat bergerak dengan tenaga yang berasal dari tiga jenis pula, seperti angin, cahaya matahari dan juga bahan bakar hidrogen. Untuk yang menggunakan tenaga angin dan cahaya matahari dapat berjalan hingga 20 menit dengan waktu pengisian baterai selama 10-30 menit. Dan untuk yang bertenaga bahan bakar hidrogen dapat berjalan hingga 5 menit dengan waktu pengisian selama 3 menit. Mobil-mobilan ini juga dilengkapi dengan remote kendalinya yang cukup mudah bagi anak-anak (maju, mundur, kanan, dan kiri).

Memang sih lama penggunaannya hanya sebentar, harus diisi ulang kembali agar dapat bermain lebih lama. Namun setidaknya kita sudah mengurangi penggunaan sumber energi yang tidak dapat diperbaharui itu.

Sumber: zedomax
READ MORE

Tips Belajar

Posted by Frans Enriko Siregar On 0 komentar
Banyak pelajar atau pun mahasiswa sering sekali menghadapi masalah dalam soal belajar. Dan kebanyakan pelajar menganggap kalau belajar itu sama sekali nggak mengasyikkan dan benar-benar membosankan. Tapi apakah dengan berpendapat seperti itu kita bisa menyelesaikan sekolah kita dengan nilai baik? Apa kita bisa mendapatkan nilai yang baik saat ujian? Tentu tidak! Jadi saya ingin membagi sedikit tips belajar sehingga belajar menjadi mengasyikkan dan tidak membosankan ( Hahaha... kayak udah pintar aja nih yang punya blog). Saya akui saya nggak pintar, tapi saya hanya ingin membantu adik-adik kita yang masih di bangku sekolah dan mungkin juga teman-teman yang sedang di bangku kuliah.

Oke, kita mulai saja membahas mengenai ini.

1. Selalu Kerjakan Tugas
Mau nggak mau tugas yang diberikan guru ataupun dosen kita harus diselesaikan. Banyak atau sedikit tetap harus dikerjakan? Kalau tugas yang diberikan menumpuk maka biasakanlah untuk mencicilnya. Sedikit demi sedikit tugasnya dikerjakan sampai selesai. Tugas juga sebagai latihan buat kita dan sekalian me-review apa yang baru saja kita pelajari tadi.

2. Belajar di Ruangan yang Tenang
Belajarlah di ruangan yang tenang seperti ruang kamar, dan tutup pintunya sehingga pikiran kita terfokus ke pelajaran saja. Kecuali jika kita membuat kelompok belajar mungkin suasana yang agak ribut tetap bisa membuat kita nyaman untuk belajar (suara ribut itu dari hasil diskusi kita dengan teman-teman ya, bukan suara yang lain).

3. Buat Kelompok Belajar
Kelompok belajar merupakan solusi yang sangat brilian, benar-benar bisa membantu. Tempatnya bisa di mana saja, seperti perpustakaan, taman, rumah, atau pun di Cafe. Saling bertukar pikiran membuat penyelesaian masalah semakin cepat.

4. Belajar dengan Rutin
Jangan hanya di satu hari saja kita belajar keras dan di lain hari tidak. Ingat! 7X2 lebih baik daripada 2X7. Artinya, lebih baik kita belajar sedikit demi sedikit tetapi dilakukan setiap hari, dibandingkan dengan kita paksa belajar keras dalam hari yang singkat.

5. Jangan Paksa
Dalam belajar juga tidak boleh terlalu dipaksakan. Kita juga perlu refreshing, otak kita perlu istirahat. Kita bisa bermain dengan teman, ngobrol dengan orang lain, atau browsing internet seperti buka-buka facebook. Boleh saja, asal itu sifatnya untuk merilekskan otak kita.

6. Usahakan Jangan Ada Makanan Saat Belajar
Makanan bisa membuat kita tidak konsentrasi dengan pelajaran, belum lagi kalau makanannya sudah habis pasti kita mencari kemana-mana yang akhirnya membuat pikiran kita tidak fokus lagi ke pelajaran. Tapi kalau minuman masih bisa seperti air putih, teh, atau pun susu.

7. Cari Sumber Informasi Sebanyak-banyaknya
Kita bisa membeli buku-buku pelajaran di toko-toko buku untuk menunjang kita dalam proses belajar. Kita juga bisa browsing dari internet untuk mencari bahan untuk pelajaran ataupun tugas. Dan juga kita bisa menggunakan perpustakaan sekolah/kampus untuk mendapatkan bahan.

Jadi sebenarnya belajar itu bisa menjadi menyenangkan kalau kita benar-benar serius dan fokus. Semoga tidak ada lagi permasalahan para pelajar Indonesia dalam masalah belajar.
READ MORE

Freefall

Posted by Frans Enriko Siregar On 0 komentar
Jadi juga saya membaca seri ketiganya Tunnels, Freefall. Mungkin ini seri terakhir dari novel Tunnels. Novel yang benar-benar membuat kita berimajinasi jauh. Pantas saja Tunnels juga disebut-sebut sebagai "The Next Harry Potter".

Seri ketiga Tunnels ini melanjutkan cerita dari seri keduanya yaitu Deeper. Will, Chester, Elliot, dan juga Bartleby yang jatuh jauh ke dalam Pore ternyata bukan merupakan akhir dari perjalanan mereka. Sebaliknya, itu menjadi bagian baru dalam perjalanan mereka dalam menyelamatkan penduduk Topsoil. Begitu juga dengan si kembar Rebecca dan pengawalnya, Limiter yang juga jatuh ke Pore karena didorong oleh Sarah Jerome, ibu kandung Will.

Selama di Pore Elliot sakit parah dan tidak bisa memimpin Will dan Chester untuk berjalan. Dan mereka bertemu dengan seorang wanita yang bernama Martha. Martha menjadi teman mereka dan sekaligus sebagai pemandu mereka di Pore.

Di Pore juga Will akhirnya bertemu dengan ayahnya, Dr. Burrows. Will kembali bersemangat dan melanjutkan petualangannya. Will dan Dr. Burrows sempat menemukan sebuah pelabuhan di bawah tanah dan akhirnya mereka dapat kembali ke Topsoil. Dan di sana mereka bertemu dengan Drake, dan juga dengan Mrs. Burrows, ibu Will di topsoil. Mau tidak mau Mrs. Burrows ikut terjebak dalam permasalahan mereka semua.

Mereka semua kembali ke bawah tanah. Dan yang pada akhirnya Will dan Elliot berhasil menumpas si kembar Rebecca dan juga Limiter dan virus Dominion yang dimiliki si kembar Rebecca sudah dikubur oleh Will dalam-dalam. Dan seluruh penduduk topsoil dapat diselamatkan.
READ MORE

Robot Penjaga Desktop

Posted by Frans Enriko Siregar On 0 komentar
Wuahh...akhirnya setelah sekian lama kira-kira dua atau tiga minggu akhirnya saya menulis lagi di blog ini. Kali ini saya menulis tentang robot yang bisa menjaga desktop kita. Hahh??? Apa itu? Itu adalah semacam robot yang akan berjaga-jaga selalu di samping desktop kita dan akan menggertak orang yang akan mendekati desktop kita.

Jadi jika suatu saat kita hendak meninggalkan sebentar desktop kita, jangan khawatir akan ada orang yang akan mengutak-atik desktop kita karena sudah ada penjaga desktop kita.

Penjaga ini bentuknya adalah dalam bentuk anjing di dalam kandang dan dia kita letakkan di dekat desktop kita. Dan jika ada orang yang mendekat, sensor gerakannya akan berfungsi dan akan memberikan kode kepada kita bahwa ada orang yang mendekat ke desktop kita.

Alat ini dihubungkan dengan Port USB sehingga benar-benar praktis. Tetapi bagaimana kalau tanpa itu? Apakah bisa? Bisa!!! cukup dengan menggunakan tiga buah baterai AA. Dan harganya yaitu kira-kira Rp 800 ribuan.
Sumber : zedomax
READ MORE
Jika ada link yang rusak, silahkan mengganti kata frans-noel.com dengan fransnoel26102008.blogspot.com