Penyedia Buku Tamu Untuk Blog, Saingan Cbox

Posted by Frans Enriko Siregar On 9 komentar
Sudah lama saya tidak melakukan aktifitas blogwalking, kemarin baru saya memulainya lagi. Dan saat aktifitas tersebut saya mengunjungi satu blog yang menggunakan buku tamu yang tampilannya cukup bagus. Dan saya belum pernah melihatnya sebelumnya. Jika biasanya kita menggunakan cbox atau shoutmix (sekarang sudah berbayar), kali ini ada penyedia lain yang menyediakan buku tamu. Dia adalah fibox.



Saya langsung mencobanya dan melakukan pendaftaran dan langsung masuk. Dari tampilan luarnya saya sudah sangat tertarik. Warnanya yang dominan putih dan oranye. Anda bisa lihat gambar di bawah ini kita bisa mengatur tampilan buku tamu yang akan kita pasang. Di tab yang paling kiri ada Overview, kita bisa mengatur lebar dan tinggi buku tamu kita. Dan di tab inilah kita bisa mengambil kode HTML yang akan dipasangkan sebagai widget di blog kita. Belum tahu cara memasang widget di blog? Silahkan menuju postingan ini.

Di sebelah Overview ada Customize. Di situ kita bisa mengatur huruf yang akan dipakai di buku tamu, demikian juga dengan ukuran huruf tersbut dan juga warna-warnanya. Kita bisa mengatur warna huruf dan background yang akan kita gunakan. Di tab selanjutnya ada Smiley. Di sini kita bisa mengatur kode smiley yang akan digunakan di buku tamu. Fibox sudah menyediakan smiley dari Yahoo! Messenger juga. Kemudian di tab paling akhir ada Settings. Di situ kita bisa mengatur tampilan history, smiley dan total pengunjung online apakah ditampilkan atau tidak.

Setelah saya mencoba buku tamu ini, keunggulan yang saya dapat adalah kita cukup melakukan sekali saja log-in. Setelah itu jika kita ke blog lain yang juga menggunakan fibox sebagai buku tamunya maka kita tinggal mengisi pesannya saja. Karena nama dan website kita sudah tersimpan sejak pertama kali kita memasukkan tadi. Jadi buat Anda, terutama "bekas" pengguna shoutmix yang sudah tidak lagi menggunakannya karena berbayar, bisa menggunakan fibox ini sebagai pengganti selain cbox. Tetapi dikatakan di situ, bahwa situs ini masih bersifat sementara. Jadi saya juga belum tahu apakah ini nanti jika sudah benar-benar aktif menjadi berbayar atau tidak. Tapi setidaknya kita bisa mencobanya sekarang.

9 komentar:

chelonia said...

setelah layanan buku tamu gratis dr shoutmix dihentikan, banyak sobat blogger yg beralih ke cbox, termasuk sy. cuma di cbox tdk bisa mengetahui IP sobat blogger lainnya.

tp untuk fibox sy belum pernah nyoba ne gan,..

Sinto said...

betul banget gan aku juga make ini fibox, dan memang keren tapi mudah2an bisa bertahan lama jangan kayak shoutmix

Fadjar said...

Sayang sekali informasinya terlambat..saya sudah ganti Cbox, setelah shoutmix ditutup...

sampeweweh said...

lebih ringan, simple dan keren cbox sobat

madani said...

muncul juga yg baru, stlh shoumix gratisan ( maunya) ditutup. q br pake Cbox

Anonymous said...

Hosting Gratis Brow keren nih
check it bro buruan di link bawah ini

http://goo.gl/DcD5z

Unknown said...

akan dicoba,terimakasih
sejarahmusikgrunge.blogspot.com

Unknown said...

blh nikh mw ane coba blog garapan ane http://ppdssemarang.blogspot.com/

Unknown said...

trima kasih atas infonya bermanfaat banget semoga followernya banyak yaa...(Termasuk saya juga)

Post a Comment

Thank you for You who have given comment(s) on this web...

Jika ada link yang rusak, silahkan mengganti kata frans-noel.com dengan fransnoel26102008.blogspot.com