Kurangi Penggunaan Kertas Mulai Sekarang

Posted by Frans Enriko Siregar On 12 komentar
Kurangi Penggunaan Kertas Mulai Sekarang - Kertas merupakan media penting bagi kita khususnya yang bekerja di pekantoran ataupun pelajar yang sedang belajar. Kita tahu bahwa bahan baku pembuat kertas adalah kayu. Kayu-kayu didapat dari hutan yang sangat berfungsi untuk kelangsungan bumi. Bagaimana jika seluruh pohon di dunia ini habis untuk pembuatan kertas? Dengan apakah bumi kita bernafas? Maka dari itu... Kurangi Penggunaan Kertas Dimulai Dari Sekarang.

Kita tidak perlu melakukan hal-hal yang ekstrem untuk mengurangi pengunaan kertas. Kita bisa memulainya dari hal-hal yang kecil terlebih dahulu. Misalnya, kita pastinya sering mem-photocopy baik itu bahan sekolah ataupun pekerjaan. Kita bisa mengurangi penggunaan kertas dengan memaksimalkan jumlah kertas yang digunakan. Kita bisa membuatnya menjadi bolak-balik sehingga tidak ada halaman yang terbuang dengan percuma.

Selain itu juga kita bisa handphone ataupun zaman sekarang ini yang sudah terkenal dengan PC tablet sebagai media untuk menuliskan sesuatu yang harus kita kerjakan (to do list). Sehingga jika sudah selesai kita bisa menghapusnya dan membuat yang baru lagi. Jadi tidak perlu membuang kertas yang sudah terisi dengan coretan-coretan kita.

Cara yang lain juga mungkin kita bisa melakukan pendaur ulangan kertas yang sudah tidak terpakai lagi. Saya pernah membaca bagaimana cara mendaur ulang kertas bekas. Intinya kertas tersebut dihancurkan dan dicampur dengan lem sehingga menjadi bubur. Dan kemudian dicetak kembali menjadi kertas.

Masih banyak cara lain yang bisa kita tambahkan untuk mengurangi penggunaan kertas. Maka dari itu berhematlah dalam menggunakan kertas demi kelestarian hutan bumi kita.

12 komentar:

Oris Unju said...

Kunjungan balik gan...

Fandi Adhitya said...

nice info gan

EKA IKHSANUDIN said...

Dengan menghemat penggunaan kertas, sedikit banyak menghemat pengeluaran juga ya sob... mantaap Info nya ... :)

MARMER BLOGS said...

Ya..bingung juga kadang Brow, ada yang bilang untuk melestarikan alam jangan pergunakan kertas, disisi lain muncul trend paperbag, itu katanya dari bahan daur ulang Ya Gan ...?? kalau daur Ulang sih boleh aja, masalahnya kertas itu bahan bakunya dari kayu tahunan sich, untuk memanen butuh lima samapi sepuluh tahun, gawat kalau diterusin.Salam kenal Blogger TULUNGAGUNG KOTA MARMER

Fungicides said...

nice share,tanks

Hanger Games said...

Benar juga ya gan

tipshare said...

ayo berhemat kertas untuk menjaga kelestarian lingkungan

Oris Unju said...

kunjungan pagi gan ..

Alam Perwira said...

bener juga nih, bsok kalo dah kerja ane kurangin bang, hehe :D

windawulandari said...

setuju!!
kalo nggak penting, nggak usah ngeprint.
dan sekarang sudah banyak e-book gratis, jadi bisa didownload dan dibaca dari laptop :D

Frans Enriko Siregar said...

@windawulandari : yap. tambahan juga pas di ATM. Bisa memilih menu tidak mengeluarkan kertas struk :)

Belajar ngeblog di blogger 2013 said...

sip gan. kunjunngi balik donk.

Post a Comment

Thank you for You who have given comment(s) on this web...

Jika ada link yang rusak, silahkan mengganti kata frans-noel.com dengan fransnoel26102008.blogspot.com